Tuesday, October 23, 2018

Pemadatan Tanah


1. Pendahuluan

Pemadatan tanah adalah suatu kegiatan yang betujuan untuk memadatkan tanah pada suatu lokasi dikarenakan diatas tanah tersebut akan didirikan bangunan dan gedung atau suatu konstruksi lainya seperti jalan dan lain-lain. 
Selain itu pemadatan tanah juga identik dengan pekerjaan pondasi dimana setelah pondasi selesai dibuat, selanjutnya ditimbun kembali dengan tanah dan dilakukan pemadatan tanah pada lokasi penimbunan tersebut.

Tujuan dilakukan pemadatan tanah adalah untuk mengurangi rongga udara dan kadar air didalam tanah tersebut. Suatu gumpalan tanah pasti terdiri dari tanah itu sendir, udara dan air. Agar tanah bisa padat maka udara dan air harus dikeluarkan dari dalam tanah tersebut.

Untuk menghilangkan rongga udara dan air bisa dilakukan dengan cara ditekan dan di tumbuk. Untuk mendapatkan kepadatan yang optimal tanah yang digunakan untuk penimbunan harus dengan kondisi kadar air yang optimum, tidak boleh terlalu basah maupun terlalau kering. Kondisi optimum ini biasanya bisa diketahui dengan analisis data laboratorium.

2. Jenis-jenis Alat Pemadatan Tanah
 
  • Manual : dengan menggunakan tenaga manusia dibantu balok kayu
  • Jumping Compactor (stamper) 

    • Biasanya di gunakan untuk pemadatan diarea yang sempit seperti di samping pondasi bangunan dan memebutuhkan kepadatan yang tinggi.
    •  
  • Plate Compactor (stamper kodok)
    • Biasa digunakan untuk pemadatan diarea yang sempit dan dengan syarat kepadatan sedang
  • Vibrator Roller (Compactor) - Smooth Type (roda besi halus)
    • Biasa digunakan untuk pemadatan area yang luas

  • Vibrator Roller (Compactor) - Sheep Foot Type ( roda besi kasar)
    • Biasa digunakan untuk pemadatan area yang luas dan untuk mempercepat kepadatan tanah sebagai alat pendukung Vibrator Roller smooth type

3. Pemadatan Tanah dengan Alat Berat.
  
Ada 2 jenis alat berat yang biasa digunakan dalam pemadatan tanah


 
Figure 1. Vibrator Roller Smooth Type



 

Figure 2. Vibrator Roller Sheep Foot Type


Kedua alat diiatas biasanya digunakan untuk pemadatan tanah dengan volume yang cukup banyak. Setelah tanah timbunan diratakan maka Sheep Foot type akan melakukan pemadatan awal. Setelah beberapa pasing maka selanjutnya pemadatan dilanjutkan dengan Smooth type untuk mendapatkan permukaan yang rata.
Kedua alat tersebut dilengkapi dengan mesin penggetar sehingga tanah yang diinjak dengan getaran akan lebih cepat padat.

Namun demikian ada kalanya pemadatan tanah hanya menggunakan 1 jenis alat berat yaitu Vibrator Roller smooth type. Hal ini tergantung metode kerja dan budget yang dialokasikan untuk pekerjaan timbunan tanah yang akan dilakukan.


Untuk mengetahui tingkat kepadatan tanah yang dinginkan bisa dilakukan dengan Sand Cone Test atau Dynamic Cone Penetrometer Test (DCP); yang akan dibahas dibagian terpisah.
DCP Test (Dynamic Cone Penetrometer Test) 




Figure 3. Kombinasi Vibrator Roller Smooth Type & Sheep Foot Type




Figure 4. Kombinasi Vibrator Roller Smooth Type & Sheep Foot Type

No comments:

Post a Comment